Dampak E-Community Terhadap Mahasiswa
Yanto
Abstrak
Komunitas yang dibangun di Dunia maya merupakan tempat yang sangat tepat untuk berkembangnya setiap individu yang memiliki visi dan misi sama dan penyelesaian masalah yang beragam. Perkembangan komunitas yang dibentuk di dunia maya tidak jauh berbeda dengan keadaan secara fisik yang kita kenal, pertemuan anggota yang ada didalam komunitas dikarenakan topik yang mereka sukai serta memiliki pemahaman yang sama dengan pembahasan dari analisis konten komunitas dunia maya, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi konsentrasi massa, pemimpin massa, pergerakan massa, teknik terbaik untuk melakukan penetrasi ke dalam massa, mengetahui selera dan kesukaan masyarakat Indonesia khususnya pengguna Internet.
Ada kelebihan konten komunitas dunia maya dari konten media cetak, pada komunitas dunia maya konten di bangun dan di hasilkan langsung oleh masyarakat atau pembaca sendiri. Sedangkan Pada media cetak, konten di buat untuk merepresentasikan kesukaan masyarakat pembacanya.
Pembentukan komunitas didunia maya sekarang ini tidak hanya sebatas Aplikasi surat elektronik (e-mail) Namun banyak ditambah dengan berbagai fasilitas yang memudahkan penggunanya dalam membalas pesan secara langsung dan cepat dengan syarat mendaftar terlebih dahulu pada situs tersebut sehingga setiap orang dapat masuk, melihat dan membalas pesan secara langsung menggunakan identitas yang bersangkutan.
Komunitas yang ada di internet saat ini tidak identik dengan diskusi yang formal tetapi tetapi dengan diskusi yang lebih bervariatif dan membangun serta topic-topik hangat yang sedang terjadi pun dapat menjadi pembicaraa, selain itu terdapat fasilitas untuk membeli dan menjual sehingga anggota komunitas dapat saling melakukan transaksi secara online.
Mahasiswa yang sering kali mendapat tugas dalam perkuliahan mencari solusi yang instan di internet sehingga tak jarang mereka pun merupakan salah satu penikmat dari terbentuknya komunitas maya ini, komunitas maya yang terbentuk terlebih karena kebutuhan beberapa anggota dan membentuk satu kelompok kecil dengan jumlah masa yang akan bertambah dengan jaringan internet yang mencakup banyak pengguna internet diseluruh Dunia.
Kata kunci : komunitas di dunia maya, pembentukan komunitas, komunitas di Indonesia
1.Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat di era globalisasi dewasa ini sangat berpengaruh pada perkembangan setiap individu tak terkecuali seorang mahasiswa yang kerap mencari informasi dengan mengakses internet.
Pengetahuan yang disajikan di Internet tidak selalu benar banyak informasi,berita dan pengetahuan yang hanya digunakan sebagai penarik pengunjung saja, tetapi dengan tag pencarian tertentu kita dapat menemukan informasi yang kita inginkan.
Banyak komunitas maya yang tersebar diinternet yang dapat menjadi ajang kumpul bagi seorang mahasiswa yang akan menambah pengetahuan serta wawasan yang luas tidak hanya sekedar menerima pelajaran dibangku kuliah yang terlihat banyak teori tanpa praktek dan pengalaman sehingga sulit bagi Mahasiswa menentukan tujuan setelah lulus dari kuliah.
Apa itu E-community ?
E-Community atau komunitas maya merupakan sarana yang diciptakan untuk memfasilitasi pengguna internet dalam membagikan pengetahuan yang mereka miliki kepada orang lain, Komunitas maya bisa berupa mailing list, newsgroup atau bulletin board.
Komunitaas maya memiliki dampak bagi pendidikan Mahasiswa diera ini karena informasi yang interaktif dan mudah dicerna menjadikan komunitas maya sebagai tempat saling berbagi pengetahuan dan menambah wawasan yang disukai banyak kalangan Mahasiswa
Dampak yang ditimbulkan dari komunitas maya bagi Mahasiswa seringkali menjadi acuan bagi beberapa perusahaan karena keahlian yang dicari oleh perusahaan tempat bekerja melihat ilmu praktis yangdidapat kan oleh mahasiswa yang aktif dalam suatu komunitas.
Komunitas Maya tidak selalu memberikan dampak yang baik karena banyak komunitas tertentu yang menjadikan pengguna menjadi tidak terkendali sehingga berdampak buruk bagi anggotanya seperti komunitas hacker, black hat yang sering kali mengajarkan cara-cara untuk mengcrak kartu kredit dan aktifitas mengganggu lainnya di internet.
2. Permasalahan
Membangun komunitas maya dan apa dampaknya bagi Mahasiswa
3. Kebutuhan Mahasiswa dalam mengakses E-Community
Fungsi komunitas adalah membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world .
Mahasiswa yang memiliki kebutuhan akan informasi sering kali lebih memilih mengakses internet dari pada membaca Koran secara fisik, dengan ketersediaan warnet yang banyak serta semakin murah untuk mengakses internet memberikan peluang menambah pengetahuan di dunia maya.
Komunitas Maya yang banyak ditemukan di internet menjadi tujuan bagi Mahasiwa untuk mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya, Sebagian besar Universitas saat ini juga banyak membangun komunitas secara online agar memudahkan mahasiswa dalam membina hubungan komunikasi antar anggota didalamnya serta mampu melihat seberapa aktif mahasiswa dalam berkomunikasi, Contoh yang saya ambil yaitu forum UKDW , Student Community yang (http://www2.ukdw.ac.id/forum/index.php ) merupakan tempat bagi mahasiswa UKDW untuk saling bertukar pikiran serta menjadi tempat untuk memperkenalkan komunitas pada mahasiswa baru, komunitas didalamnya juga mendapat banyak keuntungan karena dapat mempublikasikan diri dengan memanfaatkan fasilitas forum. Namun forum ini hanya terbatas untuk mahasiswa dan Dosen UKDW saja yang dapat mengakses masuk untuk melihat serta memulai topik yang akan dibahas.
Komunitas yang ada didalamnya merupakan komunitas yang terlebih dahulu sudah eksis dikalangan mahasiswa seperti Unit kegiatan Mahasiswa yang terlebih dahulu didirikan sebelum
forum ini terbentuk.
UKM yang awalnya offline untuk menjadi online tidak mudah karena masih banyak anggotanya yang tidak aktif serta memajukan komunitas online.
Kebutuhan akan komunitas ini masih sedikit yang tahu dan menggunakan sebagai sarana belajar karena
Mahasiswa cenderung lebih suka pada kategori Hobi dan Aktifitas yang menurut mereka menyenangkan untuk melakukan diskusi atau hanya sebagai pembaca.
- Politik – topik sekitar partai, konflik diberbagai daerah, undang-undang.
- Sosial – topik sekitar silaturahmi alumni, keluarga, anak jalanan, ilmu sosial.
- Religius – topik sekitar dakwah, ikatan keagamaan.
- Ilmu – topik sekitar tutorial, fisika, farmasi, programming, teknik.
- Hobby – topik sekitar otomotif, terjun payung, penggunaan handphone, game, tenaga dalam Gambar 1. Webstite Student Community, UKDW
- Ekonomi – topik sekitar keilmuan ekonomi.
- Bisnis – topik sekitar export import, lowongan pekerjaan, usaha sampingan.
- Pornografi – topik sekitar foto, bugil, selingkuh, cerita seru
Berberapa kategori yang memang disukai sangat terlihat dari jumlah replay pesan serta kunjungan anggota forum.
5. Membangun Komunitas Maya
Membangun Komunita maya dapat berupa Mailing list, newsgroup dan bulletin board.
a. Mailing List
Penggunaan e-mail untuk forum diskusi kelompok yang besar di kenal dengan teknik atau aplikasi mailing list. Mailing list menjadi aplikasi dasar utama dalam pembentukan berbagai komunitas maya.
Pada dasarnya mailing list bekerja dengan konsep yang sangat sederhana, seorang pengguna cukup mengirimkan sebuah e-mail ke sebuah alamat e-mail mailing list untuk kemudian di sebarkan ke semua anggota mailing list yang tergabung atau berlangganan ke alamat e-mail tersebut.
Contoh mailing list : Yahoo groups
b. Newsgroup
grup berita yang menggunakan protocol NNTP, sarana ini umum yang digunakan sebelum adanya HTTP.Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
contoh : Google Group,Yahoo Group
yang meyediakan kelompok diskusi atau forum. Pembuatan dan keikutsertaan dalam grup bersifat gratis. Pengguna dapat berpartisipasi dalam percakapan baik melalui antarmuka web.
c. Bulletin board
merupakan forum berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman dimana pesan yang dimasukan dapat tampil dengan cepat dan interaktif karena ditambahkand dengan berbagai fitur seperti Emoticon dan lain sebagainya.
Contoh : Kaskus yang merupakan Forum terbesar diindonesia
4. Dampak yang ditimbulkan oleh komunitas maya
Komunitas dunia maya saat ini memang menjadi sangat terkenal dan menjadi salah satu bagian dari mengisi waktu sehari-hari bagi sebagian orang dan tidak terkecuali mahasiswa sendiri, kegiatan yang dilakukan didalam sebuah forum misalnya yang memiliki variasi kategori berbeda-beda antara forum satu dan yang lain.
Sebelum melihat dampak dari komunitas maya sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu informasi berikut yang menjadi awal sebuah komunitas dapat berkembang dengan memanfaatkan teknologi informasi berikut ini.
Gambar 2. Pengguna Internet Dunia
- Diperkirakan setiap 1.6 detik ada 1 orang yang pertama kali belajar membuka internet.
- Total pengguna internet dunia diestimasi hingga September 2009 mencapai 1,7 milyar atau lebih dari 25% dari total penduduk di muka bumi ini (http://internetworldstats.com)
- Indonesia tercatat memiliki 240 juta yang pernah mengakses internet (internetworldstats.com) dan pada 2010 ini Indonesia tercatat di urutan ke lima negara pengguna Internet terbanyak di dunia. (http://antaranews.com)
- Pada tahun 2009 Lebih dari separuh transaksi keuangan dunia menggunakan internet.
- Penjualan via internet telah mencapai US$ 1.2 T dan diperkirakan terus bertambah US$ 100 Jt setiap bulannya. Di indonesia sendiri tahun 2009 sudah menembus angka Rp 35 T (data dari IDC)
- Berdasarkan survei Inside Facebook yang dilakukan eMarketer.Com, jumlah pengguna Facebook di Indonesia naik 1.431.160 juta pengguna dalam sebulan terakhir. Pada 1 Desember 2009, eMarketer.Com mencatat jumlah pengguna Facebook di Indonesia 13.870.120 pengguna, sedangkan pada 1 Januari 2010 sebesar 15.301.280 pengguna.
Dengan Penggunaan Internet yang besar di Asia dapat dijadi sebuah acuan perkembangan efek dari internet yang besar akan berpengaruh pada pandangan pengguna terhadadap E-Community yang juga akan ikut berkembang karena kebutuhan akan informasi yang cepat dan mudah dicerna oleh setiap kalangan pengguna internet.
a. Dampak Umum Komunitas maya
Dengan melihat 10 Situs terbaik Di Indonesia ini nomor satu di duduki oleh website kaskus.us Yang merupakan website Forum online terbesar di Indonesia saat ini, dengan data ini dapat dilihat bahwa pengguna internet lebih banyak mengakses komunitas maya yang ada di internet.
Pengguna internet lebih tertarik dengan konten yang diberikan oleh forum tersebut karena dibuat oleh anggota forum dengan bahasa yang lebih mudah dibaca dan memiliki unsur informasi yang dibutuhkan sesuai dengan yang mereka cari, berbeda dengan Website portal berita yang kontennya memang menunjuk pada pembaca website tersebut.
Secara Umum Komunitas maya mengubah cara penerimaan informasi yang lebih ringan dan mudah untuk diterima oleh pengguna internet sehingga perkembangannya semakin cepat dikarenakan kebutuhan informasi dari pengguna internet yang semakin bertambah.
b. Dampak bagi Mahasiswa
Perkembangan komunitas maya ini juga akan berdampak bagi mahasiswa yang menggunakan sarana komunitas maya sebagai tempat berdiskusi dan belajar, Teknologi informasi yang biasa dipakai ini pun masuk sebagai referensi untuk meyelesaikan tugas dan masalah yang dihadapi di kelas.
Tidak semua Mahasiswa mampu memanfaatkan komunitas maya sebagai tempat belajar karena keterbatasan dalam mengakses internet pun masih menajadi kendala mendasar bagi sebagian Mahasiswa.
Berikut dampak positif dan negative dari komunitas maya bagi Mahasiswa yang akan memberikan gambaran kemana arah tujuan dari komunitas maya tersebut .
Dampak Positif dari Komunitas maya :
· Belajar Online
Cara pembelajaran Online yang dapat dilakukan seperti Diskusi Online, yang menjadi sarana komunikasi bagi komunitas
· Pengembangan
Diri Pengembangan diri Mahasiswa dalam mengekplorasi kemampuan lebih terbuka
· Menghemat Biaya
Komunitas maya tidak memerlukan inventaris seperti komunitas nyata
· Memudahkan mencari materi belajar
Komunitas maya menjadi tempat yang sering dikunjungi untuk mencari materi
Dampak Negatif dari Komunitas maya :
· Information overload
Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di komunitas maya , butuh waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada dan informasi tersebut tidak 100% benar dan tanpa dasar yang kuat
Karena menemukan informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di komunitas maya , butuh waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada dan informasi tersebut tidak 100% benar dan tanpa dasar yang kuat
· Ketergatungan
Mahasiswa menjadi tidak mandiri
· Kurang tanggap lingkungan
Tidak ada interaksi sosial akan membuat anggota tidak tangap kondisi sekitarnya
5. Kesimpulan
Besarnya pengakses internet di Indonesia akan membantu berkembangnya suatu komunitas maya karena didukung sumber daya manusia dan secara khusus Mahasiswa yang menggunakan Komunitas maya untuk berkembang dan menyalurkan kreatifitas mereka, maka Komunitas Maya memiliki kontribusi bagi kemajuan Pendidikan Indonesia apabila dapat digunakan secara baik dan sesuai dengan kebutuhan Mahasiswa itu sendiri karena perkembangan Informasi yang begitu cepat perlu juga ditanggapi dengan cepat oleh Mahasiswa agar tidak ketinggalan berita dan topik yang dibicarakan oleh kalangan umum.
Penggunaan Komunitas sebagai tempat belajar merupakan salah satu kelebihan yang patut terus dijaga agar dapat menentukan kemana arah dan tujuan komunitas tersebut.
Dampak komunitas maya bagi Mahasiswa lebih banyak Menguntungkan apabila digunakan secara benar dengan belajar mengembangkan diri didalam komunitas secara bersama-sama bukan individu tetapi secara berkelompok.
Harapannya dengan tulisan ini akan membuka pengetahuan baru mengenai komunitas maya yang sudah ada diindonesia agar dapat di manfaatkan secara maksimal sehingga komunitas maya tidak lagi hanya sebagai tempat yang dikunjungi sebagai tempat baca tetapi memberikan ruang diskusi bagi setiap anggota yang tergabung didalamnya dapat memetik manfaat dari berbagai topic yang didiskusikan.
Daftar pustaka
Gurak, LJ, & Duin, AH (2004). The impact of the Internet and Digital Technologies on teaching and research Technical Communication Quarterly, 13 (2), pp. 187-198.
carboro, A. (2004). Membawa teori lebih dekat ke rumah melalui pembelajaran aktif dan diskusi online. Pengajaran Sosiologi, 32 (2), pp 222-231.
William L. Rivers et al. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern; Edisi kedua. Jakarta: Prenada Media
Barzilai, Gad. 2003. Communities and Law: Politics and Cultures of Legal Identities. Ann Arbor: University of Michigan Press.
Christensen, K., et al. (2003). Encyclopedia of Community. 4 volumes. Thousand Oaks, CA: Sage.
Long, D.A., & Perkins, D.D. (2003). Confirmatory Factor Analysis of the Sense of Community Index and Development of a Brief SCI. Journal of Community Psychology, 31, 279-296.
Howard Rheingold, 1998,The Virtual Community,http://www.rheingold.com/vc/book/intro.html, 3 Oktober 2010
No comments:
Post a Comment